15 Jan 2013

Bird's Eye View & Frog's Eye View

Photograph Techniques (Part 1)


Begitu banyak fotografi teknik yang ada dalam ilmu fotografi. Jikalau elo belajar fotografi di sebuah kursus foto, pastilah Anda tak asing dengan istilah Bird's Eye View Dan Frog's Eye View. Namun bagi elo yang sama sekali belum mendengar dan mengetahuinya, nyok mengenal keduanya dalam artikel berikut. 


Secara teori, pengertian sederhana dari teknik foto Bird's Eye View Dan Frog's Eye View, sudah bisa dipahami dari namanya. Bird's Eye View, berdefinisi pengambilan foto digital dengan teknik foto yang mengarahkan bidikan awal lensa kamera dengan arah keatas dulu, lantas turun perlahan, baru diakhiri dengan memfokuskan bidikan dan memotret objeknya. Persis seperti cara memandang burung (bird) dari angkasa nun jauh di mato heehehe. 
Sebaliknya pada  Frog's Eye View, yakni pengambilan foto digital dengan teknik foto yang mengarahkan bidikan awal lensa kamera dengan arah kebawah dulu, lantas naik perlahan, baru diakhiri dengan memfokuskan bidikan dan memotret objeknya. Persis seperti cara memandang katak (frog). 

Contoh awal, adalah gambar burung dara ini yang dipotret dengan angle tepat dari ujung puncak gedung (truly ini rada susah) mungkin si pemotret harus bener2 punya sense of photograph kali ya (NOT ME!) udah gitu cara biar si burung dara ngempet alias gak melakukan pergerakan itu rada2 menyita konsentrasi loh guys :)


Foto diatas, dibidik dengan teknik foto  Bird's Eye View. Lensa kamera diarahkan keatas dulu (ke arah langit) lantas menurun perlahan, mengarah ke bawah (perairan), lalu memfokuskan bidikan lensa pada objek foto utamanya, yakni si burung dara chocolate  tersebut.  Gerakan teknik foto Bird's Eye View tersebut, juga menghasilkan hasil foto digital yang tak hanya dominan pada objek utama saja tetapi pada objek lain disekitar, yaitu gedung-gedung perkantoran (tanpa blur dominan) dan juga pertahankan bayangannya yaa....

Next, Frog Eye's View, perhatikan foto digital berikut
Wow ada lima pohon yang letaknya berdekatan dan sama jangkungnya. Objek yang unik dan menarik difoto nih.  Pohon yang biasanya difoto dalam angle standar / biasa : tampilan utuh pohon dengan pengambilan gambar  sejajr pandangan mata. Namun foto diatas sangat unik dan berbeda, tampilan pohonnya sangat jangkung dan dominan pada dedaunannya. 

Teknik foto yang diterapkan untuk foto digital diatas, yakni: Frog's Eye View. Pada awal pengambilan gambar, lensa kamera diarahkan ke bawah (tanah), lantas beranjak naik perlahan mengambil porsi yang pas untuk tampilan batang pohon yang akan turut dipotret, membidik dedaunan dari lima pohon berbeda yang berdekatan itu, lantas memfokuskan bidikan dan memotretnya. Sip. Sekilas nampak seperti teknik foto low angle ya.

So, how about this???? Can you guess it?

Yappp, ini namanya fisheye view. Wew kece abis ya? Simple but really entertaining, well tekniknya sih paling gampang dr pada bird or frog eye view.Udah gitu nyari objeknya gampang lagi,gada stuff? urself is almost perfectly to be the objects:) Bisa juga di padukan dengan teknik bird eye alias poto dr atas,btw ati2 ya gak semua objek panters di fisheye. Dan gak semua hasil poto fisheye dijamin bagus. Karena yang kita butuhin selain kamera (of course lah-_-) kita harus punya fisheye lens terlebih dahulu. 
Yang kayak gimna? Nanti yaa aku update di posting selanjutnya only for fisheye :D

Yang penting sekarang kalian udah tau kan 3 teknik ini? Lumayan kan nambah2 wawasan kalian,oiya dont forget to do this at home, practice makes perfect :* *virtualkiss*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar